Minggu, 10 Januari 2010

VAKSIN MONETER

VAKSIN MONETER

Hai Guys,,

Baca judulnya aja dah merinding,,,serem!! Hiiihhh!!

Tapi,,masih inget nggak sama lagu ini?? Lagu yang dinyanyiin sama Cindy Cenora??



Krismon krisis moneter...

Ku tanya Mama apa artinya...

Krismon krisis moneter...

Aku sih ya cuek aja..!



Kira-kira pas tahun ’98an. Yah..,,mungkin kita masih balita yah,,masih imut-imut. banget...hehehe, sekarang...mungkin kita udah amit-amit...hohohoJ

Vaksin??? usually kita pke’vaksin buat pembasmi penyakit. Sedangkan, vaksin moneter itu pembasmi krismon bukan penyakit….hehe,, tapi bisa juga sich dibilang penyakit, tepatnya penyakit ekonomi, sama aja kok!

Dari hasil wawancara kita ke orang penting,, yaitu Pak Ahmad Erani Yustika , Presiden Direktur salah satu lembaga kajian Ekonomi Prestisius di Indonesia yaitu The Institute For Development Of Economics and Finance (INDEF). Krismon,,diawali dari terjun bebasnya nilai tukar bath (thailand), trus merambat ke negara kita deh,itu awal mulanya negara kita mengalami krismon lebih tepatnya taun 97’an,,pada intinya krismon itu adalah suatu problem ekonomi yang terjadi di negara besar n negara kita juga kena imbasnya. Pasti kalian bingung, kenapa negara kita kena imbasnya? Karena,,negara besar itu merupakan tiang dari negara-negara lain, so jika tiang itu runtuh maka yang lainnya juga ikut runtuh. Krisis kini juga sedang marak untuk dibicarakan kembali. Karena sekarang juga lagi dalam masa krisis,,,Krisis??? Yang pasti bukan krisis moneter dong, itu mah krisis jaman belanda....tapi krisis global. Krismon dengan kisis global itu ’beda’…ok! ...., Krisis global tuh masuknya term pasar finansial ato bisa dibilang krisis ke pasar eksport.



Nyadar nggak sih Guys...kalo kit tuh matre??!

Nggak percaya?!! Kita tuh, cuma ngejar sesuatu yang material aja? Lebih suka sama hape canggih? Kalo nggak canggih kita nggak mau. Gengsi. Padahal, fungsi hape yang sebenernya cuma buat telpon sama sms aja kan? Sekarang aja, jarang anak yang punya hape yang standart umum fungsi hape.

Di bawah ini adalah bukti-bukti jelas laennya yang kita dapetin ’en ato malah yang kita-kita banget:

1. Lebih suka pake barang luar negeri,

Nggak pake barang-barang import, rasanya nggak gaul banget. Hahaha...emang sih, barang-barang import lebih bagus, en harganya bersohib banget. Tapi tau nggak, kalo itu semua sama aja ngrugiin negara kita. Barang kita yang juga punya kualitas bagus, akhirnya ketutup ama barang-barang import...Yah, nggak bisa bangga sama produk sendiri dong!



2. Kita betah buat chatting pake YM , FB ato FS,

Sekarang, dunia maya paling terkenal. Hare gene, nggak kenal chatting?? Nggak gaul! Itu kan yang pasti terpikir di otak kita. So, buru-buru deh kita buat alamat email. Kalo udah mulai chatting, nggak usah ditanya, chatting 10 jam, serasa sejam. Bener nggak? Pa lagi kalo chatting ma pacar, biar seminggu juga, serasa sejam..Hahaha.



3. Suka beli barang yang ’cuma kita anggap lucu ato keren’ doang.

Pas lagi nganggur, paling enak jalan-jalan ke Mal ato Plaza kan . Lumayan buat cuci mata juga. Pas juga, kalo ada temennya. Tapi, pas jalan-jalan,,eh mata udah mulai laper banget ngeliat barang yang lucu ato keren, pas harganya murah lagi. Wow!! Nggak usah mikir 10 sampe 1000 kali pun, pasti langsung kita putuskan buat beli tuh barang. Tapi, yang lagi kena kanker di sini lah guna temen yang sesungguhnya. yaitu pinjem duit temen ato mungkin kalo temen juga lagi kena penyakit yang sama, kita rela buat mbolongin tabungan pribadi kita...bener kan??



Jelas kan, itu juga pengaruh banget sama keadaan ekonomi negara kita. Seharusnya negara kita lebih meningkatkan sektor Industri dalam negeri, tetapi kok malah masyarakatnya enggak mendukung BGT (dibaca:banget).

So, Vaksin ini adalah cara buat kita-kita, Guys,, yang emang peduli ama nasib negara kita yang lagi keserang ama virus berbahaya tadi. Enggak usah negative thingking dulu. Vaksin ini mudah ’en simple banget. Nggak nyiksa kok! Dijamin! (kayak iklan tv aja) hehehe.

Ini adalah cara ato tips-tips yang bikin kamu semua puas en’ setuju sama kita-kita:

1. Smart shopping ato mungkin puasa shopping

Smart shopping? Mungkin nggak sih???

Mungkin lah, kalo kita pintar bagi-bagi waktu en kebutuhan kita. Emang gimana caranya??

Biasanya,guys..kita suka belanja ke mall, apalagi kalau dapet uang dari ortu. Pasti buru2 ke mall deh..betul….?! Dengan kita puasa shopping,maka kita bisa berhemat dan uang kita yang semulanya dipake’shopping sekarang bisa masuk tabungan deh.Trus itu smua pasti berhubungan,ntar klo terjadi krismon lagi (moga aj gak..amien) kita gak perlu susah-susah cari uang. Tinggal ambil di tabungan kita, deh….OK!!! So,,,untung kannnn….hehehe



2. Belajar hidup mandiri,

Mandiri? Mandi sendiri? Ato makan sendiri? Hehehe.

Nggak lah,,Yang pasti dengan kita menjadi siswa mandiri kita dapat menghadapi semua masalah dengan baik dan tidak bergantung sama orang lain, itu juga melatih kita “berani melakukan,berani bertanggung jawab”. Dengan adanya tabungan tadi, Guys...kalian nggak perlu susah-susah minta duit ortu. Kan enak kalo beli pake duit sendiri, Puas-puas gimana gitu,,,iya nggak???



3. Cinta produk dalam negeri (”heroic consumtion”)

Dalam negeri???kok,gak luar aja sichhhh…gini ya, secara klo diluar itu ntar masuk angin, jadi di dalam aja ya….hehehe. Dengan kita membeli produk dalam negeri, maka sama aja kita membantu perekonomian di negara kita. Sebaliknya,dengan kita membeli produk luar negeri sama aja kita membantu perekonomian luar. Dan itu dapat mengakibatkan,perekonomian negara kita lebih rendah dibandingkan dengan perekonomian luar. So,kalo itu smua terjadi (moga aja gak...amien lagi),sama aja kita bunuh diri donk!



4. Buka usaha kecil-kecilan ato sampingan

Lho kita kan masih pelajar……Itu malah bagus,,,kita sebagai generasi penerus bangsa mempunyai kewajiban untuk membahagiakan Negara kita, contohnya aja nie,anak Bandung, selesai pulang sekolah mereka mengambil kayu2 bekas mebel,tak lupa mereka mengolah itu smua jadi cup lampu (tempat lampu..itu loh!). Usaha mereka gak sia-sia lho,’en permintaan dari luar, terutama pasar Jepang semakin hari semakin banyak. Itu salah satu contoh generasi penerus yang peduli sama negaranya.

Jadi, yuk kita ikutan!!! Tapi pake kreasi kita ndiri donk!!



5. Gunakan waktu luang buat hal yang bermanfaat.

Menuntut ilmu? Di sekolahkan udah....yupz,,selain kita menuntut ilmu di sekolah, dimanapun kita juga wajib menuntut ilmu. Karena sebagai generasi penerus yang berkualitas, kita kudu siap dalam menghadapi masalah apapun yang terjadi dengan negara ini. Selain itu,kita juga dapat mengambil keputusan yang terbaik untuk masa depan kita, guys. Ok! Good luck!



6. Jangan ngeliat sesuatu dengan uang

Langsung contohnya aja ya,,,tentang hape yang tadi. hape itu adalah suatu alat komunikasi yang digunakan untuk telpon n sms.Tapi,semakin hari hape semakin canggih,harganyapun juga semakin mahal.Biasanya anak muda seperti kita ini,minta beliin hape yang harganya mahal n canggih. Kebanyakan hape yang digunakan anak muda hanya sebagai gaya aja,klo gak punya hape,dianggap gak bisa gaul. So,sebenernya guna hape itu sendiri sudah disalahgunakan. Bener?



Ok guyz, dah tau kan vaksin moneter itu apa aja! Sebenernya masih banyak lho vaksin moneter....But,,berhubung limited pages,,so mau gak mau udahan dulu ya (emang putus?) hehe....Cukup sekian vaksin moneter dari kita. Thank’s dah mau nyediain waktu kalian buat kita. Moga bermanfaat bagi kalian ‘en Good luck. Jangan lupa tuk senyum atas apapun yang akan kalian hadapi. See you......!!

By MAN Malang 01

1 komentar:

  1. betul..betul..betul..kl gk salah pernah baca ini di kompas ya...sippppp

    BalasHapus